Podcast #PerempuanBisaBerwirausaha hadir untuk memberikan ilmu, serta tips praktis bagi para perempuan yang ingin memulai dan mengembangkan usaha. Dikemas sebagai podcast, dialog dihadirkan secara interaktif dalam format audio. Dengan demikian, penyampaian materi akan mirip dengan mendengarkan rekaman radio, yang dapat diputar ulang sesuai keinginan pendengar.

Podcast #PerempuanBisaBerwirausaha berisi 6 album yang membahas kemampuan dasar berwirausaha, seperti digital marketing, mengelola keuangan usaha dan legalitas usaha. Mengundang pakar dan praktisi dari berbagai bidang, podcast ini menjadi cara belajar baru untuk menambah pengetahuan Anda.

Podcast #PerempuanBisaBerwirausaha terselenggara berkat kerjasama UN Women WeLearn dengan Inspigo and UKMIndonesia.id, dimana program WeLearn dari UN Women didukung oleh Sunlight - Unilever.


Bantuan dengan Cari kursus

Album #1: Bersiap Menjadi Pengusaha

Apa saja hal yang harus disiapkan ketika kita ingin menjadi seorang pengusaha? Simak perbincangan host Dewi Meisari (Project Leader UKMIndonesia.id)  dengan Ismiyati (Founder & CEO Superoti Semarang), Pertiwi Triwidiahening (Programme Officer Women Entrepreneurship UN Women Indonesia), dan Deasy Nurmalasari (Tim Fasilitator WeLearn) mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan menjadi seorang pengusaha.

Album #2: Mulai dan Wujudkan Usahamu

Memulai sebuah usaha dari titik awal memang bukan merupakan hal yang mudah. Berbagai kegagalan kerap ditemui pada tahap awal mengembangkan usaha. Host Dewi Meisari (Project Leader UKMIndonesia.id) mewawancara Fitri Supriati (Founder & CEO Papis Juice) dan Deasy Nurmalasari (Tim Fasilitator WeLearn) untuk menggali pengalaman dari para narasumber dalam menghadapi tantangan dan menyusun rencana awal usaha.


Album #3: Pentingnya Digital Marketing

Dalam album ini, host Dewi Meisari (Project Leader UKMIndonesia.id) berbincang dengan Meika Hazim (Founder & CEO Coklat nDalem) dan Rizky Adi Nugroho (Founder & CEO Beras Organic O-Rice) yang telah membuktikan efektivitas digital marketing untuk mendukung usaha mereka. Langkah praktis pemanfaatan media digital, mencakup pemilihan media yang sesuai, mengelola komunikasi efektif, dan membuat konten sesuai tujuan dikupas dalam album ini.


Album #4: Menguatkan Manajemen Operasional

Salah satu pondasi terpenting pada bisnis yaitu mengoptimalkan operasional usaha agar efisien sehingga produktivitas usaha meningkat. Simak dialog Host Dewi Meisari (Project Leader UKMIndonesia.id) dengan Gina Priadini (Founder & CEO Goodvibes Botanical) dan Hilda Fachrizah (Tim Fasilitator WeLearn) yang memandu pendengar memulai langkah praktis dalam mengelola operasional, dimulai dari membenahi tempat kerja termasuk memetakan proses bisnis dan masalah, mencari solusi, hingga menetapkan standar kerja.


Album #5: Mengelola Keuangan Usaha

Rumitnya pengelolaan keuangan seringkali menjadi momok bagi para pengusaha. Host Dewi Meisari (Project Leader UKMIndonesia.id) berdialog langsung pada Tyas Windarti (Co-Founder & CEO Bayi Banget Hijab) serta Sri Hadi Wibowo (Tim Fasilitator WeLearn) untuk membagikan kepada pendengar mengenai tips pencatatan keuangan sederhana, harga pokok penjualan, dan menentukan akun-akun anggaran yang dapat mempermudah usaha.

Album #6: Mengenal Legalitas Usaha

Dalam album ini, host Dewi Meisari (Project Leader UKMIndonesia.id) berbincang dengan Intan Anastasya (Founder & CEO Hitara Black Garlic) dan Leo Faraytody (CEO EasyBiz - Hukum Online) untuk menggali tips-tips mengelola legalitas usaha. Album ini menjabarkan langkah-langkah pengurusan legalitas usaha secara komprehensif, mencakup pendaftaran usaha, pilihan badan usaha, perizinan, sertifikasi, dan berbagai skema perjanjian bisnis.