Bantuan dengan Cari kursus

Modul 1. Siapkah Saya menjadi Seorang Pengusaha?

Hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.
Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.

Modul 2. Mulai dan Wujudkan Usaha Anda

Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang. Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

Modul 3. Digital Marketing

Digital marketing merupakan salah satu upaya promosi yang dilakukan melalui media digital/internet. Modul ini memberikan langkah praktis pemanfaatan media digital saat ini, mencakup pemilihan media digital yang sesuai dengan usaha, mengelola komunikasi efektif, mengelola transaksi digital, membuat konten sesuai tujuan. Ditambah tips untuk meningkatkan optimalisasi digital marketing untuk usaha anda. Dalam modul ini pun diulas pentingnya menerima feedback konsumen sebagai acuan inovasi dalam usaha.

Modul 4. Operasional Usaha

Operasional Usaha merupakan fondasi agar bisnis dapat terus unggul dalam persaingannya seiring berkembangnya usaha. Modul ini menerangkan tentang langkah-langkah praktis dalam mengelola operasional, dimulai dari memetakan proses bisnis dan masalah operasional yang dapat terjadi, lalu mencari solusi dari masalah operasional tersebut, serta diakhiri dengan menetapkan standar kerja dengan SOP. Dengan mempelajari ini, pelaku UKM akan dapat memahami bagaimana meningkatkan produktivitas, meningkatkan efisiensi, serta menjamin standardisasi mutu produk/jasa.

Modul 5. Mengelola Keuangan Usaha

Pengelolaan keuangan menentukan kesuksesan suatu usaha. Keputusan pengembangan bisnis yang tepat hanya dapat diambil ketika data keuangan tercatat dan tersaji dengan baik. Modul ini menyampaikan cara melakukan pencatatan sederhana, harga pokok penjualan, menentukan akun-akun anggaran yang sesuai dengan proses bisnis, sampai cara mengolah data menjadi laporan keuangan yang sesuai standar. Dilengkapi dengan ilustrasi dan latihan-latihan, modul ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha menerapkan pengelolaan keuangan yang baik untuk menunjang pengembangan usahanya.

Modul 6. Legalitas Usaha

Legalitas Usaha adalah bukti komitmen dan keseriusan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Modul ini menjabarkan langkah-langkah praktis pengurusan legalitas usaha secara komprehensif, mencakup ragam pendaftaran usaha, berbagai jenis pilihan badan usaha, perizinan, sertifikasi, dan berbagai skema perjanjian bisnis yang dapat dijadikan acuan untuk memformalkan kerja sama dengan pemasok, distributor/agen, sampai ke investor.

Modul 7. Tips Jitu Menarik Pelanggan

Bagi Anda yang memiliki usaha retail seperti toko atau warung, penting sekali untuk mengetahui tips jitu untuk menampilkan produk yang kita jual agar dapat menarik pelanggan untuk berbelanja. Dipersembahkan oleh mitra kami Sunlight - Unilever, modul ini memberikan panduan praktis yang dapat langsung diterapkan untuk meningkatkan penjualan dan kemampuan manajemen di gerai Anda.